Rabu, Maret 12, 2008

Berbagi Ilmu Menghias Kue di Pertemuan Anggota Bulan Maret 2008

Kue bolu berhias yang sering kita kenal dengan nama kue tart sering kali muncul pada acara-acara penting seperti pernikahan, ulang tahun, dan pesta-pesta lainnya. Hiasan yang indah akan membuat kue menjadi lebih menarik, bahkan kelezatannya pun seolah-olah bertambah. Inilah yang membuat seni menghias kue atau cake decorating menjadi unsur penting dalam penyajian kue.

Seni menghias kue biasanya harus dipelajari secara khusus dengan teknik dan alat-alat tersendiri. Untuk menghasilkan hiasan yang baik dibutuhkan latihan dan kesabaran. Dalam Pertemuan Anggota bulan ini, Ibu Hanny Austin yang merupakan anggota DWP KJRI Hong Kong berkenan membagi ilmu menghias kue yang telah digelutinya selama lebih dari tiga tahun kepada kita semua.

Dengan dibantu oleh pengurus DWP KJRI Hong Kong, Ibu Hanny Austin memulai demonstrasi menghias kue dengan menjelaskan penggunaan alat-alat esensial untuk menghias kue seperti piring menghias, kantong dekorasi (decorating/piping bag), spuit/sempritan (decorating tip), coupler (cincin untuk memudahkan mengganti berbagai jenis spuit di kantong dekorasi), spatula, dan lain-lain.

Ibu Hanny Austin dengan sabar mencontohkan langkah demi langkah menghias kue, mulai dari membuat adonan penutup kue, menutup kue dengan krim, membuat border dan hiasan lainnya, sampai teknik mengarahkan dan memegang kantong dekorasi agar menghasilkan hiasan yang indah. Para anggota DWP KJRI Hong Kong yang hadir pun diberi kesempatan untuk mencoba sendiri membuat hiasan. Sambil menghias, Ibu Hanny Austin juga memberikan tips dan trik menghias serta informasi mengenai tempat penjualan alat dan bahan dekorasi kue serta tempat kursus menghias kue yang baik di Hong Kong ini (keterangan mengenai tempat kursus bisa dilihat di www.completedeelite.com atau silakan datang ke Complete Deelite Ltd., 6/F, 34-36 D'Aguilar Street, Central).

Usai demo menghias kue, Ibu Eva Adamhar selaku Penasihat DWP Hong Kong memberikan tanda terima kasih kepada Ibu Hanny Austin atas kesediaannya berbagi ilmu. Sambil menerima tanda terima kasih, Ibu Hanny Austin mengungkapkan bahwa dirinya berharap ilmu yang tak seberapa ini dapat berguna bagi seluruh anggota yang hadir dan nantinya semua dapat membuat sendiri hiasan kue yang lebih baik dan lebih indah lagi.

Tidak ada komentar: