Rabu, Maret 18, 2009

Istilah Hotel untuk Telur

Terkadang karena kendala istilah dan bahasa, memilih makanan dari buku menu berbahasa asing saat di restoran atau hotel bisa membuat kita sakit kepala, apalagi kalau sebetulnya yang ingin kita pesan hanyalah hal yang sederhana saja, seperti telur. Nah, berikut ini beberapa istilah telur yang sering dipakai di hotel dan restoran.


Scrambled egg:
Telur kocok yang ditambah sedikit susu, garam, dan merica, lalu dimasak dengan sedikit minyak atau mentega dan diaduk hingga berbentuk butiran.

Medium boiled egg:
Direbus selama 4-5 menit dalam air mendidih. Bagian kuning dan putihnya belum terlalu keras.

Stuffed egg:
Dibuat dari telur rebus yang dibelah dua dan dipisahkan bagian kuningnya. Bagian kuning ini dilumatkan dan dicampur bersama sayuran, seperti jagung, kacang polong, atau irisan kucai. Campuran ini kemudian diisikan kembali ke dalam putih telur.

Omelette:
Telur dadar isi. Adonan dasarnya sama dengan scrambled egg tetapi bentuknya dibuat dadar lalu ditambah isian yang biasanya berupa daging asap, kacang polong, jagung manis, jamur, dan keju cheddar parut.

Poached egg:
Telur yang 'diceplok' dalam air mendidih selama 4-5 menit, dan ditambah sedikit cuka agar bentuk bulatnya rapi. Biasanya bagian kuningnya belum terlalu padat.

Sunny side up:
Alias telur mata sapi, digoreng dalam minyak, mentega, atau margarin.

(Sumber: Femina online)

Tidak ada komentar: