Senin, Juli 14, 2008

Agar blender tetap awet

Blender sudah jadi benda yang tidak asing lagi di dapur kita. Seiring dengan kemajuan teknologi, benda ini sekarang semakin canggih. Tidak hanya melulu untuk membuat jus buah dan menghaluskan bumbu segar, blender sekarang juga dilengkapi dengan grinder untuk menghaluskan kacang-kacangan atau bumbu-bumbu kering, saringan yang bisa digunakan untuk memeras santan. Agar blender tetap awet, sudah tepatkah cara Anda menggunakan dan merawatnya?
  • Pilihlah blender dengan tombol pengatur kecepatan, bermata pisau tajam dan kuat, wadah/tabung tembus pandang, dan tidak mudah pecah. Sebaiknya pilih blender yang dilengkapi dengan grinder, yang berfungsi menghaluskan bahan makanan kering/biji-bijian/bumbu kering. Tabung grinder berukuran lebih kecil dari tabung blender dan memiliki mata pisau yang kuat.
  • Sebaiknya jangan mengisi blender atau grinder melebihi setengah kapasitas tabung.
  • Khusus untuk blender, jika bahan sulit dihaluskan, tambahkan air/minyak (sesuai kebutuhan resep) supaya bahan makanan/bumbu segar mudah hancur.
  • Segera cuci bersih blender setelah digunakan. Caranya, kosongkan tabung blender lalu isi dengan air hingga seperempatnya. Tekan tombol blender hingga air menyapu bersih bagian dasar dan pisaunya, lalu bilas di bawah air mengalir dengan sabun hingga bersih.
  • Untuk menghindari bau pada tabung blender, gunakan potongan jeruk nipis sewaktu mencuci kemudian bilas dengan air bersih. Cara lain, masukkan potongan roti tawar ke dalam wadah blender, proses sebentar hingga roti menyerap bau di sekelilingnya, bilas hingga bersih dan keringkan dengan lap.
  • Keringkan blender dengan lap bersih hingga benar-benar kering agar mata pisaunya tidak cepat berkarat.
  • Simpan blender dengan tutupnya di tempat kering.

Sumber: Femina on-line.

Tidak ada komentar: