Senin, Juli 14, 2008

Mengenal jadeite jade bersama Profesor Mimi Ou Yang

Di Pertemuan Anggota bulan Juli 2008 ini, DWP KJRI Hong Kong mendapat kehormatan dengan hadirnya seorang pakar batu jade (batu giok) yang sudah terkenal di seluruh dunia, yaitu Profesor Mimi Ou Yang. Profesor Mimi Ou Yang telah mengadakan banyak sekali penelitian dan membuat tulisan mengenai jadeite jade. Beliau juga merupakan pendiri Hong Kong Gems Laboratory dan Hong Kong Institute of Gemmology, serta telah sering berceramah mengenai batu mulia dan jade sejak tahun 1983.

Dalam ceramahnya di depan anggota DWP KJRI Hong Kong kali ini, Profesor Mimi Ou Yang menyampaikan faktor-faktor untuk menilai harga jadeite jade. Untuk menilai jadeite jade, Profesor Mimi Ou Yang menciptakan prinsip yang dikenal dengan nama 4C2T1V.
Secara umum karakteristik fisik jadeite jade adalah kekerasannya mencapai 6,5-7 skala Mohs, gravitasi spesifiknya antara 3,28-3,40, memiliki indeks refraksi antara 1,65-1,66. Jadeite jade juga merupakan batu yang amat keras, lebih keras dari baja tetapi masih kalah keras dari nephrite jade. Secara tradisional harga jade ditentukan dari apresiasi pribadi terhadap potongan batunya. Namun, penilaian secara lebih spesifik ditentukan oleh prinsip 4c2T1V, yaitu: 4C-colour, cutting, clarity, crack; 2T-transparency, texture; 1V-volume.

Dengan lebih teperinci lagi, Profesor Mimi Ou Yang mengetengahkan empat faktor untuk menilai warna jadeite jade, yaitu kemurnian warna, intensitas (konsentrasi) warna, kecerahan warna, dan kerataan warna. Secara umum beliau juga menyampaikan bahwa potongan (cutting) yang berproporsi baik atau simetris juga merupakan nilai tambah bagi jadeite jade.

Bila dilihat dari harganya, jadeite jade berkualitas menengah atas dimulai dari sepuluh ribu dolar Amerika, sementara kualitas menengah berkisar dua hingga sepuluh ribu dolar Amerika. Harga jadeite jade kualitas menengah bawah biasanya sekitar seribu hingga dua ribu dolar Amerika. Sementara jadeite jade berkualitas rendah yang banyak kita temui akan mematok harga di bawah dua ratus dolar Amerika.

Ceramah yang padat dan menarik ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Dalam kesempatan ini Penasihat DWP KJRI Hong Kong, Ibu Eva Adamhar, dan anggota DWP KJRI Hong Kong, Ibu Fauzia Desai, melontarkan pertanyaan yang langsung dijawab dengan tangkas dan informatif oleh Profesor Mimi Ou Yang.

Usai ceramah, Penasihat DWP KJRI Hong Kong memberikan tanda terima kasih kepada Profesor Mimi Ou Yang atas kesediaan beliau meluangkan waktu dan membagi ilmu yang amat bermanfaat ini kepada seluruh anggota DWP KJRI Hong Kong.

Tidak ada komentar: