Kamis, April 10, 2008

Cara Cermat Kelola Keuangan Keluarga

Bagi ibu-ibu rumah tangga seperti kita, mengelola keuangan keluarga terkadang membuat kepala pusing tujuh keliling. Kita tentu ingin semua kebutuhan keluarga dapat terpenuhi sekaligus juga memiliki simpanan, baik untuk keperluan tak terduga atau untuk rencana di masa depan. Oleh karena itulah dalam Pertemuan Anggota DWP KJRI Hong Kong bulan ini diadakan ceramah mengenai pengelolaan keuangan keluarga dengan menghadirkan narasumber Bapak Bramono Dwiejanto, General Manager BNI Cabang Hong Kong.

Pak Bram, begitu beliau biasa dipanggil, mengawali ceramahnya dengan menghadirkan kutipan dari Rudyard Kipling dalam The Elephant’s Child, “I keep six honest serving-men (they taught me all I knew); their names are What and Why and When and How and Where and Who.” Maksud kutipan ini kurang lebih adalah, banyaklah bertanya atau serahkan saja pada ahlinya.

Berangkat dari kata-kata bijak ini Pak Bram membawakan ceramah dengan lancar dan mudah dipahami oleh para anggota DWP KJRI Hong Kong yang hadir. Beliau menerangkan prinsip dasar pengelolaan keuangan keluarga, rentang waktu yang dipergunakan untuk itu, pilihan investasi, risiko dan imbal hasil, pengendalian risiko dalam berinvestasi, serta proteksi konsumen yang biasanya ditawarkan. Dengan sabar dan senyum yang tak pernah lepas dari bibir, beliau menjelaskan dan menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan para hadirin.

Usai ceramah, Ketua DWP KJRI Hong Kong, Ibu Mira M.A. Soerjanatamihardja, memberikan tanda terima kasih atas kesediaan Pak Bram berbagi ilmu yang amat bermanfaat ini.

Tidak ada komentar: