Kamis, April 10, 2008

Floral Designer Indonesia Unjuk Gigi di Hong Kong Flower Show 2008

Hong Kong Flower Show yang diselenggarakan tahun ini di Victoria Park-Causeway Bay kembali disemarakkan dengan unjuk kebolehan floral designer dari Indonesia, Bapak Andy Djati Utomo S.Sn AIFD. Di usianya yang masih 31 tahun beliau telah banyak mengukir prestasi, baik di tanah air maupun manca negara. Bahkan di saat usianya baru dua puluh tahun beliau telah memenangkan Lomba Merangkai Bunga Tingkat Nasional.

Pada libur Paskah hari Senin, 24 Maret 2008, yang lalu Hong Kong Flower Show dipadati pengunjung. Tiga puluh menit sebelum acara dimulai, panggung utama yang berkapasitas dua ratus kursi telah dipenuhi peminat. Acara dibuka alunan gamelan Jawa dan Bapak Andy memperkenalkan diri dengan mengenakan baju beskap dan sarung batik. Pada kesempatan tersebut beliau memberikan penjelasan adanya tujuh unsur di dunia ini yang turut memengaruhinya dalam berkreasi merangkai bunga. Ketujuh unsur tersebut adalah Jiwa (soul), Raga (laki-laki dan perempuan), Api, Air, Tanah, Kayu, dan Logam.

Dalam waktu satu jam saja tujuh rangkaian bunga yang menurut beliau mewakili masing-masing unsur tersebut berhasil dihasilkannya. Di rangkaian berunsur Jiwa beliau menerjemahkan keyakinannya mengenai kehidupan di dunia lain. Rangkaian yang diciptakannya adalah untaian lidi yang disisipi bunga hidrangea putih dan sedikit hijau muda sehingga rangkaian menyerupai malaikat bersayap.

Inspirasi Raga diterjemahkan ke rangkaian kayu yang dipilin membentuk bulatan dengan lubang di tengah dengan rangkaian yang berbeda di dua sisinya. Satu sisi rangkaian merupakan rangkaian bunga matahari sebagai simbol laki-laki sementara sisi sebaliknya adalah rangkaian bunga hidrangea merah muda dan anggrek menyiratkan perempuan.

Rangkaian Api dihasilkannya dengan memadu pohon ceri kering dengan hiasan bunga jengger ayam merah menyala.

Rangkaian Air diwujudkan melalui media kaca akrilik yang direkatkan potongan bambu disusun seperti buih air bergelombang. Di antara bambu disisipi tabung air berisi rangkaian bunga hidrangea biru, bunga teratai, dan rumput air.

Unsur Tanah ditampilkan dalam miniatur jembatan setengah lingkaran dari akar wangi berisi bunga warna-warni dengan media tanah di sebelah bawahnya.

Dua buah rangkaian lidi melingkar tinggi dengan bunga anggrek warna putih serta hijau di tengah berdampingan melahirkan kreasi apik bertema unsur Kayu.

Tak kalah unik juga adalah ide rangkaian dari unsur Logam. Rangkaian ini diwujudkan dengan bentangan alumunium dan kayu yang diwarnai metalik, dihiasi beberapa bunga kantong semar.

Pemilihan media dan pemanfaatan semua bagian tumbuhan (lidi, bambu, akar wangi) membuka wawasan kita untuk mengembangkan ide lebih luas lagi. Penonton tampak sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada Bapak Andy.

Satu lagi putra terbaik Indonesia telah mengharumkan nama bangsa. Kita tunggu wakil dari Indonesia di Hong Kong Flower Show tahun depan!

(Ani Nugroho)

Foto-foto rangkaian bunga yang ditampilkan pada demonstrasi ini bisa dilihat di Galeri Foto.

Tidak ada komentar: