Rabu, Agustus 20, 2008

Buku bulan ini: Everything you never wanted your kids to know about sex (but were afraid they'd ask)

Kalau anak sudah bertanya atau perlu diberitahu soal seks, kita sebagai orangtua bisa mendadak jadi orang paling bodoh sedunia. Perlu diakui bahwa orangtua seringkali menghindari pembicaraan mengenai seks dengan anak—itulah yang tambah menjadikan hal ini semakin pelik.

Bila Anda butuh sedikit ‘pencerahan’ untuk mengangkat masalah ini dengan sang buah hati, mungkin Anda bisa intip Everything You Never Wanted Your Kids to Know about Sex (But were Afraid They’d Ask) karya Justin Richardson, M.D. dan Mark A. Schuster, M.D., PH.D. Walaupun tentunya pendekatan yang diambil dalam buku ini bukanlah pendekatan dari sisi adat ketimuran atau agama, setidaknya kita mendapatkan gambaran mengenai apa yang ada di otak anak kita tentang seks dan penjelasan seperti apa yang kira-kira bisa memuaskan rasa ingin tahu mereka tanpa harus membuat topik seks sebagai hal yang tabu.

Buku ini begitu mudah dibaca, tidak menggurui, dan disusun oleh para ahli yang tidak melulu berisi teori dan opini tetapi juga disusun dengan riset yang mendalam. Di dalamnya terdapat tip-tip untuk menjelaskan isu-isu seputar seks kepada anak seperti homoseksualitas, seks dalam internet, penyakit kelamin (STD-Sexually Transmitted Diseases), bahkan cara mengatasi apabila Anda ternyata tidak menyukai pacar si buah hati.

Tidak ada komentar: